Iklan Pay Per Click (PPC)
1. Konsep Pay per Click
Pay per Click atau Biaya per klik dalam bahasa Indonesia, merupakan sistem pengiklanan menggunakan media internet, dimana pemasang iklan akan dikenai biaya ketika pengguna internet meng-klik iklan yang ditampilkan pada halaman web.
Ada beberapa langkah jika Anda ingin beriklan menggunakan biaya per klik yaitu.
a. Membuat konten dari iklan yang akan ditawarkan.
b. Membuat salinan iklan yang akan ditampilkan.
c. Menentukan lokasi atau tempat iklan ditampilkan dalam web.
d. Memilih kata kunci yang digunakan agar iklan dapat ditampilkan.
e. Mengatur biaya yang harus dikeluarkan setiap iklan yang diklik.
Sedangkan langkah-langkah yang dilakukan oleh penyedia iklan biaya per klik(platform PPC) adalah.
a. Melakukan pengecekan iklan sesuai aturan(pedoman editorial).
b. Menampilkan iklan sesuai dengan permintaan pencarian(kata kunci) atau kriteria yang lain.
c.Menentukan peringkat atau posisi iklan berdasarkan tawaran maksimum pengiklan dan keterkatian/relevansi iklan yang meliputi klik per tayang(click-through rate [CTR]), salinan iklan, kata kunci dan halaman arahan/web yang dituju dengan relevansi pencarian.
Jenis Iklan PPC pada Adwords atau yang lainnya biasanya berupa teks
(ditampilkan berupa teks pada iklan Search, Display dan Social Networks).
Iklan Text PPC mengikuti struktur dasar yang sama yaitu:
Kepala(header)
Kepala(header)
Dua baris salinan iklan, yang dapat ditampilkan pada satu baris
www.DisplayURL.com
(tujuan URL).
URL(Uniform Resource Locator) yang ditampilkan (URL display) belum tentu URL yang pengguna akan klik dan menuju ke suatu halaman web (URL tujuan). URL display kadang-kadang juga disebut vanity URL. URL display harus domain yang sama dengan URL tujuan. Google akan hanya menampilkan satu iklan per URL tampilan.
Ketika kalian membuat sebuah iklan teks PPC, kalian akan dibatasi dalam penggunaan karakter. Berikut adalah pedoman editorial dari Google AdWords.
a. Kepala(heading): maksimum 25 karakter.
b. Line 1: maksimum 35 karakter.
c. Baris 2: maksimum 35 karakter.
d. URL Tampilan: maksimum 35 karakter.
e. Tidak ada tanda seru berulang.
f. Tidak ada kata ditulis dalam huruf besar semua.
g. Tidak ada kata-kata omong kosong dapat digunakan.
h. Tidak ada klaim "terbaik", "nomor satu" atau superlatif dapat digunakan kecuali dapat diverifikasi oleh pihak ketiga.
i. Nomor produk dapat digunakan.
Kebanyakan iklan PPC, biasanya tidak terdapat gambar untuk melengkapi teks. Oleh karena itu menulis salinan iklan yang efektif adalah sebuah keterampilan penting untuk iklan PPC. Memasukkan kata kunci pencarian dinamis ke dalam salinan iklan yang muncul atau menggunakan kata kunci dalam salinan iklan. Gunakan kata-kata menarik dan mengajak sehingga pengguna tahu apa yang harus dilakukan dan apa yang diharapkan, misalkan: coba sekarang, mendaftar sekarang, beli sekarang. Banyak pengiklan menempatkan tawaran dalam salinan iklan, seperti diskon atau penawaran voucher, jasa seperti pengiriman gratis, belanja aman atau pengiriman cepat.
Sebuah iklan Facebook terdiri dari.
a. Judul (25 karakter maksimum), yang terkait dengan URL tujuan (atau Facebook destination).
b. Gambar (110 x 80 piksel).
c. Badan teks (135 karakter maksimum).
d. konteks sosial, yang memungkinkan pengguna lain untuk melihat iklan yang ditampilkan oleh teman kita.
2. Optimasi PPC
Beberapa faktor yang perlu kalian perhatikan yaitu.
a. Memilih kata kunci yang tepat
Sebagai gambaran pada Google AdWords menggunakan jenis pencocokan berikut.
1) Luas (Broad)
Dengan cara ini, iklan kalian akan muncul sesuai dengan kata kunci yang dimasukan,
mengandung kata kunci tersebut dan kata-kata dengan urutan apa pun, serta beberapa variasi
kata kunci (salah eja dan sinonim).
2) Frasa(Phrase)
Pencocokan frasa, dilambangkan dengan tanda kutip pada kata kunci( "Frasa match") berarti
iklan Anda akan muncul hanya untuk istilah pencarian yang memiliki kata kunci yang ada di
dalamnya, dalam urutan yang sama, meskipun kata lain mungkin juga berada dalam istilah
pencarian.
3) Sama persis(Exact)
Sama persis, dilambangkan dengan tanda kurung siku ([sama persis]), berarti iklan tersebut
hanya akan muncul untuk istilah pencarian sama persis dengan kata kunci yang dipilih.
4) Negatif(Negative)
Pencocokan negatif, dilambangkan dengan menggunakan tanda dash di depan kata kunci
(-negatif), berarti iklan Anda tidak akan muncul dalam pencarian menggunakan kata itu, tidak
peduli apa kata-kata lain yang digunakan.
b. Bahasa dan lokasi iklan
Saat beriklan, kalian dapat melakukan pemilihan lokasi/geografis dan bahasa, atau disebut geo-targeting, Penargetan ini bertujuan agar kalian tahu bahwa lalu lintas website yang kalian miliki berasal dari pengguna internet yang relevan yaitu berdasarkan lokasi dan bahasa yang mereka gunakan.
c. Perilaku dan demografi
Iklan PPC juga dapat ditargetkan berdasarkan perilaku pribadi. Dengan Iklan Facebook, iklan dapat ditargetkan berdasarkan profil orang(demografi), pengaturan dan perilaku yang dilakukan di Facebook. Kalian dapat menargetkan iklan berdasarkan beberapa hal berikut.
1) Jenis Kelamin
2) Lokasi
3) Status hubungan
4) Kelompok Umur
Anda juga dapat menargetkan berdasarkan.
1) Suka dan kepentingan
2) Interaksi dengan merek/produk
d. Menambah ekstensi advert
Untuk pengiklan PPC, Ekstensi Iklan menawarkan cara untuk mendapatkan informasi tambahan yang ditampilkan pada iklan PPC tanpa mempengaruhi batas iklan salinan standar. Saat ini, Google menawarkan lima ekstensi Iklan PPC teks yaitu.
1) Perluasan Lokasi
Perluasan lokasi untuk iklan lokal memungkinkan untuk menambahkan informasi lokasi dan gambar untuk iklan. Untuk menggunakan ekstensi ini, akun AdWords dan Bisnis Lokal( www.google.com/local ) perlu dihubungkan.
2) Sitelinks Iklan
Sitelinks Iklan memungkinkan untuk menampilkan hingga empat link, masing-masing link dengan tujuan URL yang berbeda.Dengan Sitelinks Iklan memungkinkan untuk mengarahkan pengguna ke web atau tempat yang lebih relevan.
3) Ekstensi Telepon
Perpanjangan telepon memungkinkan Anda untuk menampilkan nomor telepon lokal di garis bawah iklan yang teks standar.
4) Ekstensi produk
Dengan menghubungkan akun AdWords ke akun Google Merchant Center dan menyediakan feed produk, Anda dapat menyertakan gambar produk di PPC iklan bila tersedia. Hal ini sangat berguna bagi pengiklan eCommerce.
5) Penjual ratings ekstensi
Google akan mencoba untuk mencocokkan domain yang digunakan dalam iklan untuk meninjau web untuk menampilkan peringkat dari informasi bersama-sama dengan iklan teks. Hal ini sangat berguna jika Anda memiliki peringkat yang sangat baik.
e. Penawaran dan peringkat
Seorang pengiklan PPC harus menentukan nilai maksimum pembayaran setiap iklan yang diklik dan memutuskan nilai tawaran tersebut untuk setiap kata kunci yang dimasukkan untuk iklan. Tawaran ini disubut CPC(Cost per Click) maksimum, atau CPC Maks, Setiap kali permintaan pencarian data dimasukkan, mesin pencari menjalankan lelang untuk menentukan iklan mana yang akan ditampilkan berdasarkan penawaran tertinggi, lokasi dan kata kunci. Lelang ini dikenal sebagai Generalised Second Price (GSP), yang merupakan variasi pada lelang Vickrey.
Dalam lelang GSP, setiap pengiklan akan membayar tawaran dari pengiklan di bawahnya, ditambah kenaikan standar (biasanya $ 0,01, jika kurs Rupiah terhadap dolar adalah Rp.10.000, maka kurang lebih Rp.100 ), untuk setiap klik pada iklan. Katakanlah terdapat tiga pengiklan Anton, Budi dan Siska, mereka bertiga melakukan penawaran yaitu Rp.25.000,-, Rp.30.000 dan Rp.23.500 pada kata kunci yang sama. Mesin pencari telah menetapkan harga minimum Rp. 20.500,- pada kata kunci yang sama. Berikut adalah bagaimana iklan akan diposisikan, dan berapa banyak para pengiklan akan membayar untuk tiap klik.
Pengiklan Penawaran CPC
Budi Rp.30.000,- Rp. 25.100,-
Anton Rp.25.000,- Rp. 23.600,-
Siska Rp.23.500,- Rp. 20.600,-
Hal ini akan berbeda ketika iklan tampil berdasarkan faktor peringkat, Dalam Google AdWords, ini dikenal sebagai Angka Mutu (Quality Score(QS)). Angka Mutu diterapkan pada kata kunci, grup iklan dan tingkat akun. Penting bagi kalian untuk menjaga Skor seluruh akun yang dimiliki berkualitas baik karena mempengaruhi peringkat dan biaya per klik. Angka mutu ditentukan oleh faktor-faktor antara lain:
1) Relevansi kata kunci untuk istilah pencarian.
2) Relevansi salin iklan tersebut ke istilah pencarian.
3) Relevansi halaman website arahan dengan istilah pencarian.
4) Track Record CTR(clickthrough rates) iklan tersebut.
Nilai Skor kualitas dapat di peringkat sebagai berikut.
1) Bagus(8, 9, 10): Kata kunci sangat relevan dan QS tidak perlu perbaikan.
2) OK (5, 6, 7): Kata kunci relevan, tetapi masih bisa mendapatkan keuntungan dari QS tinggi.
3) Buruk (1, 2, 3, 4): Kata kunci ini tidak relevan dan QS perlu perbaikan.
f. Konversi dan harga klik-tayang
Mesin pencari dalam menentukan iklan yang akan ditampilkan melihat faktor lain seperti relevansi, tujuannya adalah mencoba memastikan bahwa tidak hanya yang berkantong tebal yang dapat di posisi teratas sebagai pengiklan. Mesin pencari memastikan bahwa pengguna menemukan iklan yang relevan, jika tidak maka pencari informasi akan cenderung kurang atau tidak sama sekali mengklik iklan yang ditawarkan. Jika tidak ada iklan yang diklik berarti tidak ada pendapatan. Iklan dengan peringkat teratas biasanya memiliki rasio klik per tayang tertinggi (RKT) dan pengiklan mendapatkan hasil klik maksimal.
CTR sebuah iklan adalah clicks/impression . Tingkat konversi dari sebuah iklan adalah konversi/klik. Biaya per tindakan (atau biaya per setiap konversi) adalah total biaya kampanye/ jumlah konversi. Biaya rata-rata per klik adalah total biaya kampanye/jumlah klik. Sebagai pemasang iklan, Anda perlu mengetahui nilai setiap konversi sehingga Anda tidak membayar terlalu banyak untuk iklan yang diklik.
g. Website tujuan
Iklan PPC tidak hanya tentang menciptakan iklan dan penawaran untuk kata kunci. Proses berlanjut setelah seorang pengguna internet mengklik iklan. Halaman yang pengakes iklan tuju, dengan mengklik sebuah iklan disebut halaman arahan. Halaman arahan dapat membuat atau menghancurkan kampanye iklan. Penyebabnya buruk dalam tampilan dan target yang tidak jelas. Kampanye PPC akan mengirim semua pengguna ke halaman depan web. Kampanye convert yang akan memastikan bahwa pengguna mendarat di halaman yang relevan dengan apa yang konsumen inginkan. Mengirimkan pengguna ke halaman rumah memberikan mereka banyak pilihan lain untuk memilih. Sebagai contoh, jika seseorang mencari " Canon EOS 450D ", Pengiklan yang kurang baik akan mengirimkan konsumen ke www.canon.co.uk. Sebuah kampanye yang lebih baik akan mengarakan pengguna ke halaman yang dituju dengan URL: www.canon.co.uk/For_Home/Product_Finder/Cameras/Digital_SLR/EOS_450 D/index.asp
Halaman arahan juga menunjukkan relevansi dengan mesin pencari, yang dapat meningkatkan angka mutu dari iklan tersebut, dan pada gilirannya menurunkan BPK kata kunci. Menambahkan halaman ke website yang kaya kata kunci juga dapat membawa manfaat SEO(Search Engine Optimising). Kampanye PPC sering memiliki ribuan kata kunci, yang berarti bahwa ada akan banyak halaman arahan yang akan dibangun! Atau membuat halaman arahan yang dinamis. Cobalah selalu berpikir layaknya konsumen, kira-kira apa yang mereka harapkan ketika mengklik iklan?. Ketika kalian menjual produk maka halaman arahannya harus ke detail produk yang didalamnya terdapat langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh konsumen seperti tambahkan kedalam keranjang belanja, mendaftar newsletter.
h. Pelacakan
Pelacakan konversi biasanya dilakukan dengan pixel pelacakan kecil yang ada di konversi halaman konfirmasi dari website. Google AdWords menawarkan konversi tag pelacakan, yang memungkinkan Anda untuk melaporkan pada AdWords kampanye melalui konversi. Dalam rangka untuk melacak banyak jaringan lain, diperlukan, pelacakan pihak ketiga misalnya www.wordtracker.com. Jika Anda mengirimkan lalu lintas ke website yang menggunakan Google Analytics, Anda dapat menggunakan pelacakan kampanye untuk melacak dan melaporkan kampanye yang mengarahkan lalu lintas ke website.
3. Menyiapkan Kampanye PPC
a) Perencanaan
Agar kampanye Anda sukses. Anda perlu melakukan analisis online dan offlinedari bisnis/produk yang akan ditawarkan, tujuan/target, demografi pelanggan, pesaing, dan cara beriklan atau ukuti acuan 5W1H (what, when, where, who, why dan how) misalkan.
1) Apa yang akan Anda jual.
2) Merek apa yang harus Anda gunakan.
3) Apa yang dilakukan pesaing untuk pemasaran online dan dimana mereka beriklan.
4) Bagaimana konsumen mengetahui dan mencari tahu akan produk yang kita tawarkan
5) Apakah tujuan website yang Anda buat? Menjual produk lebih banyak?Mendidik konsumen akan produk?meningkatkan kesadaran akan merek? membangun database marketing melalui pendaftaran newsletter?
b) Anggaran
Tentukan seberapa banyak Anda bersedia menghabiskan anggaran untuk mencapai tujuan Anda(biaya per action). Putuskan berapa banyak anggaran Anda untuk kampanye PPC atau beriklan/berpromosi.
Anda juga dapat memanfaatkan sebuah tool untuk menghitung anggaran dalam melakukan kampanye PPC misalnya pada alamat http://www.ppcbudget.com/ppc-roi-calculator/.
Ketika Anda melaksanakan sebuah iklan PPC agar Anggaran Anda dapat dihemat ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan yaitu.
a) Jangan melakukan penawaran untuk berada di posisi teratas, selama posisi iklan Anda berada di antara posisi 2 dan 4 maka iklan Anda akan tetap ditayangkan dan ada kemungkinan di klik sehingga biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar.
b) Pengaturan waktu. Anda harus mengatur iklan Anda tampil pada waktu yang tepat dan jam yang tepat pula contoh kalau Anda menjual produk antar makan siang maka aturlah iklan Anda tampil untuk jam makan siang.
c) Pengaturan lokasi. Pastikan Anda mengatur lokasi sesuai dengan target yang diharapkan jika konsumen Anda dari bandung, aturlah untuk daerah bandung sebagai batasannya.
d) Kata Kunci Anda perlu menentukan kata kunci apa yang konsumen cenderung gunakan ketika mencari layanan yang Anda tawarkan. Seiring dengan itu, Anda perlu tahu.
(1).Kesalahan ejaan yang umum dan biasa terjadi saat pelanggan memasukan kata kunci.
(2).Kata-kata apa yang akan menunjukkan bahwa mereka tidak mungkin untuk membeli produk dari Anda (misalkan kata seperti gratis).
(3).Maanfaatkan tool untuk analisis kata kunci. Ada sejumlah alat yang akan membantu Anda dalam mengembangkan daftar kata kunci, dan menentukan volume kata kunci. Ada yang gratis dan ada pula yang berbayar. Semua alat-alat ini harus digunakan sebagai pedoman saja misalnya www.keyworddiscovery.com dan http://www.spyfu.com/.
c) Memilih platform PPC
Ada beberapa teori bahwa platform PPC yang berbeda lebih baik untuk industri yang berbeda pula, misalnya, bahwa Yahoo! memberikan tarif yang lebih murah dari Google untuk iklan travel. Namun, hal ini adalah subyektif, Sebagian besar pengiklan besar biasanya akan menjalankan kampanye PPC pada sejumlah platform. Ada beberapa perbedaan kecil setiap platform dalam hal kebijakan editorial, dan masing-masing sistem memiliki antarmuka pengguna yang berbeda. Google AdWords mungkin yang paling terkenal, yang memungkinkan pengguna untuk bertransaksi dalam mata uang pilihan mereka, serta menawarkan program pelatihan dan sertifikasi. Google AdWords juga sebagai penargetan geografis terbaik di seluruh dunia, meskipun penargetan geografis adalah yang ditawarkan oleh Microsoft adCenter, Facebook, LinkedIn dan Youtube. Setelah Anda tentukan platform selanjutnya membuat akun dan iklan yang ingin ditawarkan ke konsumen.
d) Melakukan pengujian, pelacakan, pengukuran iklan
Iklan yang Anda buat harus di uji untuk mengetahui tingkat keberhasilannya. Setelah proses pengujian dan iklan Anda mulai tayang, Iklan tersebut perlu dilacak dan diukur untuk mengetahui tingkat keberhasilan iklan Anda terhadap produk yang dijual.
4. Konsep Adwords
(Diadaptasikan dari https://support.google.com/adwords).
Salah satu mesin pencari terbaik saat ini adalah Google, Dengan mesin pencari Google, Anda dapat mencari informasi apa saja yang kalian butuhkan dan menampilkan daftar hasil pencarian disertai dengan iklan yang ditawarkan sesuai dengan kata kunci.
a. Keuntungan beriklan dengan Google AdWords
Beberapa hal penting yang membedakan AdWords dari jenis periklanan lainnya yaitu.
1) Menjangkau orang-orang pada waktu yang tepat saat merekamenelusuri apa yang Anda tawarkan a) Iklan Anda akan ditampilkan kepada orang-orang yang telah menelusuri jenis produk dan layanan yang Anda tawarkan. Sehingga orang-orang tersebut lebih cenderung untuk mengambil tindakan.
b) Anda dapat memilih tempat iklan ditampilkan, pada website dan pada area geografis tertentu(negara bagian, kota, atau bahkan RT/RW).
c) AdWords menjangkau 80% pengguna Internet di Amerika. Itu merupakan pangsa pasar yang besar serta mesin pencari Google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan oleh penffuna internet.
2) Kontrol anggaran
a) Anda hanya dikenakan biaya saat seseorang mengklik iklan, bukan saat iklan ditampilkan dengan menggunakan penawaran biaya per klik,
b) Anda memutuskan jumlah (banyak atau sedikit) yang ingin dibelanjakan setiap bulannya dan Anda tidak akan ditagih melebihi jumlah itu.
c) Tidak ada komitmen pembelanjaan minimum.
3) Lihat dengan cermat apa yang berfungsi pada iklan Anda dan kembangkan
a) Lihat laporan mengenai kinerja iklan Anda, lihat berapa banyak pelanggan baru yang terhubung ke bisnis Anda dari iklan, tempat asal mereka, dan detail lainnya.
b) Gunakan alat AdWords untuk mengedit dan meningkatkan iklan Anda, serta meningkatkan jumlah calon pelanggan yang menghubungi bisnis Anda.
c) Mudah untuk memulai, menjeda atau berhenti. Tanpa ikatan.
b. Cara kerja AdWordsUntuk memahami cara kerja AdWords, Ada beberapa elemen dasar yang harus Anda pahami yaitu.
1) Kata Kunci
Kata kunci adalah kata atau frasa yang Anda pilih untuk dapat memicu iklan Anda agar tampil di penelusuran dan website jaringan Google lainnya. Dengan membuat daftar kata kunci yang relevan dengan produk atau layanan Anda dan memastikan kata kunci tersebut spesifik, biasanya Anda dapat menampilkan iklan kepada orang-orang yang paling berminat dengan produk atau layanan Anda. Ini meningkatkan kinerja iklan Anda dan membantu investasi iklan Anda semakin melesat.
Beberapa hal yang harus Anda lakukan ketika memilih kata kunci untuk kampanye PPC.
a) Buat grup iklan
b) Pilih kata kunci
Pedoman membuat daftar kata kunci berkualitas tinggi yaitu.
(1) Pilih kata kunci yang terkait dengan produk atau layanan Anda.
(2) Buat kelompok yang terdiri atas lima sampai 20 kata kunci yang terkait erat satu sama lain dan dengan iklan dalam grup iklan tersebut. Kata kunci dengan dua atau tiga kata (frasa) cenderung berfungsi paling efektif.
(3) Pilih kata kunci yang terkait satu sama lain. Misalnya, jika Anda menjual bunga, Anda mungkin ingin menambahkan "mawar" dan "cokelat" ke dalam daftar kata kunci Anda. Dengan demikian, kata kunci Anda dapat menampilkan iklan kepada pelanggan yang mungkin saja berminat membeli selusin tangkai mawar dan sekotak cokelat. Anda.
(4) Pilih kata kunci yang terkait dengan website yang dilihat pelanggan
(5) Jika Anda memiliki brand yang kuat dan dikenal dengan baik, sertakan kata kunci brand Anda.
2) Tempat iklan dapat tampil
Beberapa tempat iklan dapat tampil yaitu.
a) Website non penelusuran
Kata kunci dapat memicu iklan Anda agar muncul pada hasil penelusuran Google dan website penelusuran lainnya. Namun, kata kunci juga dapat memicu iklan Anda agar tampil di website lain di seluruh Internet atau disebut dengan Jaringan Display.
Jaringan Display merupakan kumpulan website mitra dan website Google tertentu, termasuk Gmail, Blogger, NYTimes.com, Families.com. dan YouTube yang menampilkan iklan AdWords. Jaringan ini juga meliputi website dan aplikasi seluler yang menampilkan iklan (mitra tampilan seluler).
b) Google Penelusuran dan website penelusuran lainnya
Saat orang-orang menelusur menggunakan kata atau frasa yang Anda pilih, iklan teks dapat muncul di samping, dibawah atau di atas hasil penelusuran yaitu pada.
(1) Website penelusuran Google.
(2) Website penelusuran lain yang merupakan bagian dari jaringan penelusuran.
(3) Penelusuran seluler.
3) Peringkat Iklan
Peringkat Iklan adalah Cara Google menentukan iklan mana yang muncul dalam posisi seperti apa, Jika beberapa pengiklan menggunakan kata kunci yang sama untuk memicu iklan mereka atau ingin iklan mereka tampil pada website yang sama.
Peringkat Iklan didasarkan pada kombinasi tawaran (berapa banyak yang biaya yang teresedia untuk dibelanjakan) serta Angka Mutu (ukuran mutu iklan, kata kunci, dan web Anda). Tergantung tempat munculnya iklan dan jenis penargetan yang Anda gunakan, rumus untuk Peringkat Iklan dapat sedikit berbeda, namun selalu menggabungkan tawaran dan Angka Mutu.
Iklan beredar melalui halaman hasil penelusuran berdasarkan Peringkat Iklan. Iklan dengan Peringkat Iklan tertinggi muncul pada posisi pertama di halaman hasil penelusuran. Iklan dengan Peringkat Iklan tertinggi kedua muncul di bawahnya, dan begitu seterusnya. Saat pengguna menjelajahi halaman hasil penelusuran berikutnya, dua aturan berikut biasanya berlaku untuk menentukan lokasi iklan layak tampil. Adapun penempatan iklan berdasarkan peringkat yaitu.
a) Penempatan "teratas" (bagian atas).
b) Penempatan "Lain" (bagian samping atau bawah).
4) Penawaran dan Angka Mutu
Tawaran dan Angka Mutu dapat bekerja berbeda di berbagai jenis kampanye. Dengan iklan bertarget kata kunci di Google dan mitra penelusurannya, tawaran Anda akan menjadi tawaran biaya per klik maksimum Anda, jumlah maksimum yang bersedia Anda bayar untuk setiap klik di iklan Anda. Angka Mutu Anda didasarkan pada relevansi kata kunci, kualitas halaman yang dituju, rasio klik-tayang (RKT) iklan, yang disesuaikan untuk posisinya di halaman tersebut dan beberapa faktor lainnya.
Untuk iklan bertarget penempatan di Google Display Network yang menggunakan Penawaran biaya per seribu tayangan (BPS), Angka Mutu Anda didasarkan pada kualitas halaman yang dituju. Ada sejumlah variasi, tetapi umumnya tetap sama.
Setiap kali seseorang melakukan penelusuran yang memicu iklan Anda, Google menghitung Angka Mutu. Untuk menghitung Angka Mutu ini, Google memperhatikan berbagai hal yang terkait dengan akun Anda. Dengan meningkatkan faktor-faktor berikut, Anda dapat membantu meningkatkan Angka Mutu dengan cara.
a) Rasio klik-tayang (RKT) yang diharapkan dari kata kunci Anda.
b) RKT URL tayangan Anda sebelumnya.
c) Riwayat akun Anda.
d) Mutu halaman website Anda.
e) Kata kunci/relevansi iklan Anda.
f) Kata kunci/relevansi penelusuran.
g) Kinerja geografis.
h) Kinerja iklan Anda di suatu website.
i) Perangkat yang ditargetkan.
Angka Mutu digunakan dalam beberapa cara dan dapat mempengaruhi hal-hal berikut di akun Anda.
a) Kelayakan lelang iklan.
b) Biaya per klik (BPK) aktual kata kunci Anda.
c) Taksiran tawaran halaman pertama kata kunci Anda.
d) Taksiran tawaran halaman bagian atas kata kunci Anda.
e) Posisi iklan.
f) Kelayakan untuk ekstensi iklan dan format iklan lainnya.
c. Cara pembayaran AdWords Cara pembayaran AdWords memiliki banyak pilihan yang tersedia diantaranya.
1) Pembayaran otomatis yaitu membayar setelah iklan berjalan
Cara kerjanya Anda hanya ditagih setelah Anda dikenai biaya iklan. Dan Anda akan ditagih dalam satu dari dua skenario: 30 hari pembayaran terakhir Anda, atau setiap kali biaya Anda mencapai ambang
penagihan (jumlah yang ditetapkan yang memicu tagihan).
2) Pembayaran manual yaitu membayar sebelum iklan berjalan
Cara kerjanya, Anda melakukan pembayaran ke akun AdWords sebelum iklan berjalan. Lalu saat iklan
berjalan, biaya iklan dipotong dari pembayaran yang Anda lakukan. Google dapat memberi tahu Anda
melalui surat elektronik (jika Anda memintanya) bila saldo akun mulai menipis, Anda dapat melakukan
pembayaran berikutnya kapan pun Anda mau.
3) Faktur bulanan yaitu membayar menggunakan batas kredit seperti pembayaran kartu kredit.
Anda dapat mengajukan permohonan untuk menggunakan faktur bulanan bila bisnis Anda memenuhi
tertentu. Persyaratan tersebut mencakup, namun tidak terbatas pada:
1) Terdaftar sebagai bisnis selama minimum satu tahun.
2) Pembelanjaan minimum $5.000 per bulan (jumlah ini dapat bervariasi di setiap negara).
d. Cara biaya dihitung di AdWords
AdWords memberi Anda kontrol terhadap biaya iklan. Tidak ada jumlah minimum yang harus Anda belanjakan. Anda menetapkan anggaran harian rata-rata dan memilih bagaimana Anda akan menghabiskan uang Anda. Setiap kali seseorang menelusuri Google, AdWords menjalankan lelang untuk menentukan iklan yang tampil di halaman hasil penelusuran, serta peringkatnya di halaman. Untuk menempatkan iklan dalam lelang ini, Anda harus terlebih dulu memutuskan untuk jenis tindakan pelanggan apa Anda akan membayar. Misalnya, Anda mungkin memilih untuk membayar atas tindakan berikut.
1) Frekuensi iklan Anda ditayangkan.
Ini dikenal sebagai tawaran biaya per seribu tayangan atau BPS. Google menyarankan metode penawaran BPS jika Anda ingin meningkatkan kesadaran akan merek Anda. Perhatikan bahwa penawaran BPS tersedia hanya untuk kampanye display network.
2) Setiap kali salah satu iklan Anda menerima klik.Ini dikenal sebagai tawaran biaya per klik atau BPK. Google menyarankan metode penawaran BPK jika Anda ingin mendorong akses pengunjung ke website Anda.
3) Setiap kali orang-orang melakukan tindakan tertentu di website Andasetelah mengklik salah satu iklan Anda.Ini dikenal sebagai tawaran biaya per akuisisi atau BPA. Google menyarankan metode penawaran BPA bagi pengiklan AdWords musiman yang tertarik dengan konversi, seperti pembelian atau pendaftaran.
e. Alat pembayaranAnda dapat membayar dengan kartu kredit, debit, rekening bank, atau transfer uang ke Google. Masing-masing negara menawarkan bentuk pembayaran yang berbeda, jadi pastikan untuk memeriksa bentuk pembayaran yang tersedia di lokasi Anda.
f. Penagihan
Pada pembayaran otomatis, Google menagih biaya iklan Anda setelah 30 hari penagihan otomatis terakhir atau setiap kali akun Anda mencapai jumlah yang telah ditetapkan sebelumnya yang dikenal sebagai ambang penagihan.
g. Iklan dan persetujuanSemua iklan Google AdWords melewati proses persetujuan untuk memastikan iklan tersebut aman dan sesuai bagi pengguna. Google meninjau setiap iklan untuk melihat apakah iklan mematuhi kebijakan periklanan Google. Jika Google menemukan masalah, Google akan memberi tahu Anda lebih lanjut tentang kebijakannya dan apa yang dapat Anda lakukan agar iklan Anda berjalan lagi. Berikut adalah beberapa contoh kebijakan website Google.
1) Kurangnya konten unik pada website Anda
a) website yang didesain dengan tujuan utamanya semata-mata untuk menampilkan iklan(Arbitrase).
b) website yang menyalin konten dari website lain(duplikasi).
c) website yang tidak memberikan konten unik dan berharga bagi pengguna.
2) Masalah teknis pada website Andaa) Perangkat lunak perusak (website yang terinfeksi perangkat lunak perusak atau yang menjual perangkat lunak berbahaya).
b) Informasi pribadi (website yang mengumpulkan informasi pribadi yang sensitif dan tidak dihosting di server "https" yang aman).
3) Pengalaman pengguna yang menyesatkan
a) Halaman jembatan (halaman web yang menyertakan halaman "pintu" yang tujuan utamanya mengarahkan pengunjung ke website yang berbeda).
b) Keamanan pengguna (website dan bisnis yang tampak menipu atau menyesatkan, dan/atau melanggar persyaratan dan ketentuan Google).
c) Penjualan item yang digratiskan (website yang menjual item atau layanan yang biasanya diberikan secara gratis).
d) Afiliasi tersirat (website yang menyiratkan afiliasi, kemitraan, atau hubungan khusus dengan Google atau pihak ketiga yang tidak terkait tanpa otorisasi yang jelas).
e) Penagihan tidak jelas (website dengan proses checkout yang tidak memberikan model penagihan atau penetapan harga yang transparan).
f) Barang palsu (website yang mempromosikan produk tidak asli dalam upaya untuk menawarkan produknya sebagai produk asli).
Google akan memberikan salah satu dari beberapa status persetujuan untuk iklan Anda selama dan setelah peninjauan untuk mengetahui apakah iklan mematuhi kebijakan periklanan atau tidak. Beberapa status persetujuan yaitu.
1) Status yang dapat memungkinkan iklan Anda berjalan.
a) Disetujui. Iklan mematuhi kebijakan Google, sehingga diizinkan tampil untuk seluruh pemirsa.
b) Ditayangkan (iklan video). Iklan video disetujui muncul di YouTube.
2) Status yang dapat memungkinkan iklan Anda berjalan dengan batasan.
a) Layak. Iklan masih dalam peninjauan, namun sementara itu iklan dapat tampil di halaman Google penelusuran.
b) Disetujui (terbatas). Iklan dapat berjalan, namun tidak pada semua situasi karena pembatasan kebijakan seperti kebijakan seputar penggunaan merek dagang dan iklan perjudian.
c) Disetujui (tidak aman bagi keluarga). Iklan dapat berjalan, namun tidak pada semua situasi karena pembatasan pada konten yang Google anggap "tidak aman bagi keluarga".
d) Disetujui (dewasa). Iklan dapat berjalan, namun tidak pada semua situasi karena pembatasan pada konten khusus dewasa
3) Status yang dapat mencegah iklan Anda berjalan.
a) Dalam peninjauan. Iklan Anda masih ditinjau dan tidak dapat ditampilkan sampai disetujui.
b) Belum ditayangkan (iklan video). Iklan video belum disetujui untuk muncul di YouTube tetapi sedang dalam peninjauan.
c) Tidak disetujui. Iklan tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya karena melanggar kebijakan AdWords.
d) Website ditangguhkan, Iklan tidak dapat berjalan karena halaman web yang dipromosikan melanggar kebijakan AdWords.
e) Tidak ditayangkan (iklan video). Semua format (judul, deskripsi, video, dan lain-lain) dari iklan video tersebut tidak disetujui.
f) Dengan masalah (iklan video). Satu atau beberapa format iklan video ditandai sebagai "Tidak Disetujui" atau "Disetujui (terbatas)".
Untuk memperbaiki masalah-masalah kebijakan website Anda dapat melakukan dengan cara.
1) Cari tahu kebijakan yang dilanggar oleh website Anda. Umumnya Anda akan menerima email dari adwords-noreply@Google.com yang menyertakan tautan berisi informasi lebih lanjut tentang kebijakan spesifik dan cara memperbaiki masalah.
2) Buat perubahan pada website Anda.
3) Kirimkan kembali website Anda kepada Google.
Google Sites adalah aplikasi online gratis yang menjadikan pembuatan website semudah mengedit dokumen.
Berikut ini cara membuat website baru.
1) Kunjungi www.google.com/sites.
2) Masuk dengan Akun Google Anda. Jika Anda tidak memiliki akun, klik Daftar ke Sites dan ikuti langkah-langkah untuk membuat Akun Google.
3) Klik tombol Buat website baru untuk memulai.
4) Namai website Anda. Setelah Anda memasukkan nama, URL akan dibuat secara otomatis dalam kotak. (Perhatikan: Saat Anda membuat akun AdWords, Anda harus memasukkan URL ini di langkah #2.)
5) Masukkan deskripsi singkat tentang website Anda (langkah ini opsional).
6) Di samping Bagikan dengan, pilih tombol Semua orang di dunia dapat melihat website ini, sehingga siapa pun dapat melihat website Anda.
7) Pilih tema website (tata letak website). Untuk melihat tema yang lain, klik Tema lainnya...
8) Klik Buat website.
b) Memulai penggunaan AdWords
Berikut ini cara memulai program periklanan online Google dalam tiga langkah dasar.
1) Membuat akun
kata kunci (salah eja dan sinonim).
2) Frasa(Phrase)
Pencocokan frasa, dilambangkan dengan tanda kutip pada kata kunci( "Frasa match") berarti
iklan Anda akan muncul hanya untuk istilah pencarian yang memiliki kata kunci yang ada di
dalamnya, dalam urutan yang sama, meskipun kata lain mungkin juga berada dalam istilah
pencarian.
3) Sama persis(Exact)
Sama persis, dilambangkan dengan tanda kurung siku ([sama persis]), berarti iklan tersebut
hanya akan muncul untuk istilah pencarian sama persis dengan kata kunci yang dipilih.
4) Negatif(Negative)
Pencocokan negatif, dilambangkan dengan menggunakan tanda dash di depan kata kunci
(-negatif), berarti iklan Anda tidak akan muncul dalam pencarian menggunakan kata itu, tidak
peduli apa kata-kata lain yang digunakan.
b. Bahasa dan lokasi iklan
Saat beriklan, kalian dapat melakukan pemilihan lokasi/geografis dan bahasa, atau disebut geo-targeting, Penargetan ini bertujuan agar kalian tahu bahwa lalu lintas website yang kalian miliki berasal dari pengguna internet yang relevan yaitu berdasarkan lokasi dan bahasa yang mereka gunakan.
c. Perilaku dan demografi
Iklan PPC juga dapat ditargetkan berdasarkan perilaku pribadi. Dengan Iklan Facebook, iklan dapat ditargetkan berdasarkan profil orang(demografi), pengaturan dan perilaku yang dilakukan di Facebook. Kalian dapat menargetkan iklan berdasarkan beberapa hal berikut.
1) Jenis Kelamin
2) Lokasi
3) Status hubungan
4) Kelompok Umur
Anda juga dapat menargetkan berdasarkan.
1) Suka dan kepentingan
2) Interaksi dengan merek/produk
d. Menambah ekstensi advert
Untuk pengiklan PPC, Ekstensi Iklan menawarkan cara untuk mendapatkan informasi tambahan yang ditampilkan pada iklan PPC tanpa mempengaruhi batas iklan salinan standar. Saat ini, Google menawarkan lima ekstensi Iklan PPC teks yaitu.
1) Perluasan Lokasi
Perluasan lokasi untuk iklan lokal memungkinkan untuk menambahkan informasi lokasi dan gambar untuk iklan. Untuk menggunakan ekstensi ini, akun AdWords dan Bisnis Lokal( www.google.com/local ) perlu dihubungkan.
2) Sitelinks Iklan
Sitelinks Iklan memungkinkan untuk menampilkan hingga empat link, masing-masing link dengan tujuan URL yang berbeda.Dengan Sitelinks Iklan memungkinkan untuk mengarahkan pengguna ke web atau tempat yang lebih relevan.
3) Ekstensi Telepon
Perpanjangan telepon memungkinkan Anda untuk menampilkan nomor telepon lokal di garis bawah iklan yang teks standar.
4) Ekstensi produk
Dengan menghubungkan akun AdWords ke akun Google Merchant Center dan menyediakan feed produk, Anda dapat menyertakan gambar produk di PPC iklan bila tersedia. Hal ini sangat berguna bagi pengiklan eCommerce.
5) Penjual ratings ekstensi
Google akan mencoba untuk mencocokkan domain yang digunakan dalam iklan untuk meninjau web untuk menampilkan peringkat dari informasi bersama-sama dengan iklan teks. Hal ini sangat berguna jika Anda memiliki peringkat yang sangat baik.
e. Penawaran dan peringkat
Seorang pengiklan PPC harus menentukan nilai maksimum pembayaran setiap iklan yang diklik dan memutuskan nilai tawaran tersebut untuk setiap kata kunci yang dimasukkan untuk iklan. Tawaran ini disubut CPC(Cost per Click) maksimum, atau CPC Maks, Setiap kali permintaan pencarian data dimasukkan, mesin pencari menjalankan lelang untuk menentukan iklan mana yang akan ditampilkan berdasarkan penawaran tertinggi, lokasi dan kata kunci. Lelang ini dikenal sebagai Generalised Second Price (GSP), yang merupakan variasi pada lelang Vickrey.
Dalam lelang GSP, setiap pengiklan akan membayar tawaran dari pengiklan di bawahnya, ditambah kenaikan standar (biasanya $ 0,01, jika kurs Rupiah terhadap dolar adalah Rp.10.000, maka kurang lebih Rp.100 ), untuk setiap klik pada iklan. Katakanlah terdapat tiga pengiklan Anton, Budi dan Siska, mereka bertiga melakukan penawaran yaitu Rp.25.000,-, Rp.30.000 dan Rp.23.500 pada kata kunci yang sama. Mesin pencari telah menetapkan harga minimum Rp. 20.500,- pada kata kunci yang sama. Berikut adalah bagaimana iklan akan diposisikan, dan berapa banyak para pengiklan akan membayar untuk tiap klik.
Pengiklan Penawaran CPC
Budi Rp.30.000,- Rp. 25.100,-
Anton Rp.25.000,- Rp. 23.600,-
Siska Rp.23.500,- Rp. 20.600,-
Hal ini akan berbeda ketika iklan tampil berdasarkan faktor peringkat, Dalam Google AdWords, ini dikenal sebagai Angka Mutu (Quality Score(QS)). Angka Mutu diterapkan pada kata kunci, grup iklan dan tingkat akun. Penting bagi kalian untuk menjaga Skor seluruh akun yang dimiliki berkualitas baik karena mempengaruhi peringkat dan biaya per klik. Angka mutu ditentukan oleh faktor-faktor antara lain:
1) Relevansi kata kunci untuk istilah pencarian.
2) Relevansi salin iklan tersebut ke istilah pencarian.
3) Relevansi halaman website arahan dengan istilah pencarian.
4) Track Record CTR(clickthrough rates) iklan tersebut.
Nilai Skor kualitas dapat di peringkat sebagai berikut.
1) Bagus(8, 9, 10): Kata kunci sangat relevan dan QS tidak perlu perbaikan.
2) OK (5, 6, 7): Kata kunci relevan, tetapi masih bisa mendapatkan keuntungan dari QS tinggi.
3) Buruk (1, 2, 3, 4): Kata kunci ini tidak relevan dan QS perlu perbaikan.
f. Konversi dan harga klik-tayang
Mesin pencari dalam menentukan iklan yang akan ditampilkan melihat faktor lain seperti relevansi, tujuannya adalah mencoba memastikan bahwa tidak hanya yang berkantong tebal yang dapat di posisi teratas sebagai pengiklan. Mesin pencari memastikan bahwa pengguna menemukan iklan yang relevan, jika tidak maka pencari informasi akan cenderung kurang atau tidak sama sekali mengklik iklan yang ditawarkan. Jika tidak ada iklan yang diklik berarti tidak ada pendapatan. Iklan dengan peringkat teratas biasanya memiliki rasio klik per tayang tertinggi (RKT) dan pengiklan mendapatkan hasil klik maksimal.
CTR sebuah iklan adalah clicks/impression . Tingkat konversi dari sebuah iklan adalah konversi/klik. Biaya per tindakan (atau biaya per setiap konversi) adalah total biaya kampanye/ jumlah konversi. Biaya rata-rata per klik adalah total biaya kampanye/jumlah klik. Sebagai pemasang iklan, Anda perlu mengetahui nilai setiap konversi sehingga Anda tidak membayar terlalu banyak untuk iklan yang diklik.
g. Website tujuan
Iklan PPC tidak hanya tentang menciptakan iklan dan penawaran untuk kata kunci. Proses berlanjut setelah seorang pengguna internet mengklik iklan. Halaman yang pengakes iklan tuju, dengan mengklik sebuah iklan disebut halaman arahan. Halaman arahan dapat membuat atau menghancurkan kampanye iklan. Penyebabnya buruk dalam tampilan dan target yang tidak jelas. Kampanye PPC akan mengirim semua pengguna ke halaman depan web. Kampanye convert yang akan memastikan bahwa pengguna mendarat di halaman yang relevan dengan apa yang konsumen inginkan. Mengirimkan pengguna ke halaman rumah memberikan mereka banyak pilihan lain untuk memilih. Sebagai contoh, jika seseorang mencari " Canon EOS 450D ", Pengiklan yang kurang baik akan mengirimkan konsumen ke www.canon.co.uk. Sebuah kampanye yang lebih baik akan mengarakan pengguna ke halaman yang dituju dengan URL: www.canon.co.uk/For_Home/Product_Finder/Cameras/Digital_SLR/EOS_450 D/index.asp
Halaman arahan juga menunjukkan relevansi dengan mesin pencari, yang dapat meningkatkan angka mutu dari iklan tersebut, dan pada gilirannya menurunkan BPK kata kunci. Menambahkan halaman ke website yang kaya kata kunci juga dapat membawa manfaat SEO(Search Engine Optimising). Kampanye PPC sering memiliki ribuan kata kunci, yang berarti bahwa ada akan banyak halaman arahan yang akan dibangun! Atau membuat halaman arahan yang dinamis. Cobalah selalu berpikir layaknya konsumen, kira-kira apa yang mereka harapkan ketika mengklik iklan?. Ketika kalian menjual produk maka halaman arahannya harus ke detail produk yang didalamnya terdapat langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh konsumen seperti tambahkan kedalam keranjang belanja, mendaftar newsletter.
h. Pelacakan
Pelacakan konversi biasanya dilakukan dengan pixel pelacakan kecil yang ada di konversi halaman konfirmasi dari website. Google AdWords menawarkan konversi tag pelacakan, yang memungkinkan Anda untuk melaporkan pada AdWords kampanye melalui konversi. Dalam rangka untuk melacak banyak jaringan lain, diperlukan, pelacakan pihak ketiga misalnya www.wordtracker.com. Jika Anda mengirimkan lalu lintas ke website yang menggunakan Google Analytics, Anda dapat menggunakan pelacakan kampanye untuk melacak dan melaporkan kampanye yang mengarahkan lalu lintas ke website.
3. Menyiapkan Kampanye PPC
a) Perencanaan
Agar kampanye Anda sukses. Anda perlu melakukan analisis online dan offlinedari bisnis/produk yang akan ditawarkan, tujuan/target, demografi pelanggan, pesaing, dan cara beriklan atau ukuti acuan 5W1H (what, when, where, who, why dan how) misalkan.
1) Apa yang akan Anda jual.
2) Merek apa yang harus Anda gunakan.
3) Apa yang dilakukan pesaing untuk pemasaran online dan dimana mereka beriklan.
4) Bagaimana konsumen mengetahui dan mencari tahu akan produk yang kita tawarkan
5) Apakah tujuan website yang Anda buat? Menjual produk lebih banyak?Mendidik konsumen akan produk?meningkatkan kesadaran akan merek? membangun database marketing melalui pendaftaran newsletter?
b) Anggaran
Tentukan seberapa banyak Anda bersedia menghabiskan anggaran untuk mencapai tujuan Anda(biaya per action). Putuskan berapa banyak anggaran Anda untuk kampanye PPC atau beriklan/berpromosi.
Anda juga dapat memanfaatkan sebuah tool untuk menghitung anggaran dalam melakukan kampanye PPC misalnya pada alamat http://www.ppcbudget.com/ppc-roi-calculator/.
Ketika Anda melaksanakan sebuah iklan PPC agar Anggaran Anda dapat dihemat ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan yaitu.
a) Jangan melakukan penawaran untuk berada di posisi teratas, selama posisi iklan Anda berada di antara posisi 2 dan 4 maka iklan Anda akan tetap ditayangkan dan ada kemungkinan di klik sehingga biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar.
b) Pengaturan waktu. Anda harus mengatur iklan Anda tampil pada waktu yang tepat dan jam yang tepat pula contoh kalau Anda menjual produk antar makan siang maka aturlah iklan Anda tampil untuk jam makan siang.
c) Pengaturan lokasi. Pastikan Anda mengatur lokasi sesuai dengan target yang diharapkan jika konsumen Anda dari bandung, aturlah untuk daerah bandung sebagai batasannya.
d) Kata Kunci Anda perlu menentukan kata kunci apa yang konsumen cenderung gunakan ketika mencari layanan yang Anda tawarkan. Seiring dengan itu, Anda perlu tahu.
(1).Kesalahan ejaan yang umum dan biasa terjadi saat pelanggan memasukan kata kunci.
(2).Kata-kata apa yang akan menunjukkan bahwa mereka tidak mungkin untuk membeli produk dari Anda (misalkan kata seperti gratis).
(3).Maanfaatkan tool untuk analisis kata kunci. Ada sejumlah alat yang akan membantu Anda dalam mengembangkan daftar kata kunci, dan menentukan volume kata kunci. Ada yang gratis dan ada pula yang berbayar. Semua alat-alat ini harus digunakan sebagai pedoman saja misalnya www.keyworddiscovery.com dan http://www.spyfu.com/.
c) Memilih platform PPC
Ada beberapa teori bahwa platform PPC yang berbeda lebih baik untuk industri yang berbeda pula, misalnya, bahwa Yahoo! memberikan tarif yang lebih murah dari Google untuk iklan travel. Namun, hal ini adalah subyektif, Sebagian besar pengiklan besar biasanya akan menjalankan kampanye PPC pada sejumlah platform. Ada beberapa perbedaan kecil setiap platform dalam hal kebijakan editorial, dan masing-masing sistem memiliki antarmuka pengguna yang berbeda. Google AdWords mungkin yang paling terkenal, yang memungkinkan pengguna untuk bertransaksi dalam mata uang pilihan mereka, serta menawarkan program pelatihan dan sertifikasi. Google AdWords juga sebagai penargetan geografis terbaik di seluruh dunia, meskipun penargetan geografis adalah yang ditawarkan oleh Microsoft adCenter, Facebook, LinkedIn dan Youtube. Setelah Anda tentukan platform selanjutnya membuat akun dan iklan yang ingin ditawarkan ke konsumen.
d) Melakukan pengujian, pelacakan, pengukuran iklan
Iklan yang Anda buat harus di uji untuk mengetahui tingkat keberhasilannya. Setelah proses pengujian dan iklan Anda mulai tayang, Iklan tersebut perlu dilacak dan diukur untuk mengetahui tingkat keberhasilan iklan Anda terhadap produk yang dijual.
4. Konsep Adwords
(Diadaptasikan dari https://support.google.com/adwords).
Salah satu mesin pencari terbaik saat ini adalah Google, Dengan mesin pencari Google, Anda dapat mencari informasi apa saja yang kalian butuhkan dan menampilkan daftar hasil pencarian disertai dengan iklan yang ditawarkan sesuai dengan kata kunci.
a. Keuntungan beriklan dengan Google AdWords
Beberapa hal penting yang membedakan AdWords dari jenis periklanan lainnya yaitu.
1) Menjangkau orang-orang pada waktu yang tepat saat merekamenelusuri apa yang Anda tawarkan a) Iklan Anda akan ditampilkan kepada orang-orang yang telah menelusuri jenis produk dan layanan yang Anda tawarkan. Sehingga orang-orang tersebut lebih cenderung untuk mengambil tindakan.
b) Anda dapat memilih tempat iklan ditampilkan, pada website dan pada area geografis tertentu(negara bagian, kota, atau bahkan RT/RW).
c) AdWords menjangkau 80% pengguna Internet di Amerika. Itu merupakan pangsa pasar yang besar serta mesin pencari Google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan oleh penffuna internet.
2) Kontrol anggaran
a) Anda hanya dikenakan biaya saat seseorang mengklik iklan, bukan saat iklan ditampilkan dengan menggunakan penawaran biaya per klik,
b) Anda memutuskan jumlah (banyak atau sedikit) yang ingin dibelanjakan setiap bulannya dan Anda tidak akan ditagih melebihi jumlah itu.
c) Tidak ada komitmen pembelanjaan minimum.
3) Lihat dengan cermat apa yang berfungsi pada iklan Anda dan kembangkan
a) Lihat laporan mengenai kinerja iklan Anda, lihat berapa banyak pelanggan baru yang terhubung ke bisnis Anda dari iklan, tempat asal mereka, dan detail lainnya.
b) Gunakan alat AdWords untuk mengedit dan meningkatkan iklan Anda, serta meningkatkan jumlah calon pelanggan yang menghubungi bisnis Anda.
c) Mudah untuk memulai, menjeda atau berhenti. Tanpa ikatan.
b. Cara kerja AdWordsUntuk memahami cara kerja AdWords, Ada beberapa elemen dasar yang harus Anda pahami yaitu.
1) Kata Kunci
Kata kunci adalah kata atau frasa yang Anda pilih untuk dapat memicu iklan Anda agar tampil di penelusuran dan website jaringan Google lainnya. Dengan membuat daftar kata kunci yang relevan dengan produk atau layanan Anda dan memastikan kata kunci tersebut spesifik, biasanya Anda dapat menampilkan iklan kepada orang-orang yang paling berminat dengan produk atau layanan Anda. Ini meningkatkan kinerja iklan Anda dan membantu investasi iklan Anda semakin melesat.
Beberapa hal yang harus Anda lakukan ketika memilih kata kunci untuk kampanye PPC.
a) Buat grup iklan
b) Pilih kata kunci
Pedoman membuat daftar kata kunci berkualitas tinggi yaitu.
(1) Pilih kata kunci yang terkait dengan produk atau layanan Anda.
(2) Buat kelompok yang terdiri atas lima sampai 20 kata kunci yang terkait erat satu sama lain dan dengan iklan dalam grup iklan tersebut. Kata kunci dengan dua atau tiga kata (frasa) cenderung berfungsi paling efektif.
(3) Pilih kata kunci yang terkait satu sama lain. Misalnya, jika Anda menjual bunga, Anda mungkin ingin menambahkan "mawar" dan "cokelat" ke dalam daftar kata kunci Anda. Dengan demikian, kata kunci Anda dapat menampilkan iklan kepada pelanggan yang mungkin saja berminat membeli selusin tangkai mawar dan sekotak cokelat. Anda.
(4) Pilih kata kunci yang terkait dengan website yang dilihat pelanggan
(5) Jika Anda memiliki brand yang kuat dan dikenal dengan baik, sertakan kata kunci brand Anda.
2) Tempat iklan dapat tampil
Beberapa tempat iklan dapat tampil yaitu.
a) Website non penelusuran
Kata kunci dapat memicu iklan Anda agar muncul pada hasil penelusuran Google dan website penelusuran lainnya. Namun, kata kunci juga dapat memicu iklan Anda agar tampil di website lain di seluruh Internet atau disebut dengan Jaringan Display.
Jaringan Display merupakan kumpulan website mitra dan website Google tertentu, termasuk Gmail, Blogger, NYTimes.com, Families.com. dan YouTube yang menampilkan iklan AdWords. Jaringan ini juga meliputi website dan aplikasi seluler yang menampilkan iklan (mitra tampilan seluler).
b) Google Penelusuran dan website penelusuran lainnya
Saat orang-orang menelusur menggunakan kata atau frasa yang Anda pilih, iklan teks dapat muncul di samping, dibawah atau di atas hasil penelusuran yaitu pada.
(1) Website penelusuran Google.
(2) Website penelusuran lain yang merupakan bagian dari jaringan penelusuran.
(3) Penelusuran seluler.
3) Peringkat Iklan
Peringkat Iklan adalah Cara Google menentukan iklan mana yang muncul dalam posisi seperti apa, Jika beberapa pengiklan menggunakan kata kunci yang sama untuk memicu iklan mereka atau ingin iklan mereka tampil pada website yang sama.
Peringkat Iklan didasarkan pada kombinasi tawaran (berapa banyak yang biaya yang teresedia untuk dibelanjakan) serta Angka Mutu (ukuran mutu iklan, kata kunci, dan web Anda). Tergantung tempat munculnya iklan dan jenis penargetan yang Anda gunakan, rumus untuk Peringkat Iklan dapat sedikit berbeda, namun selalu menggabungkan tawaran dan Angka Mutu.
Iklan beredar melalui halaman hasil penelusuran berdasarkan Peringkat Iklan. Iklan dengan Peringkat Iklan tertinggi muncul pada posisi pertama di halaman hasil penelusuran. Iklan dengan Peringkat Iklan tertinggi kedua muncul di bawahnya, dan begitu seterusnya. Saat pengguna menjelajahi halaman hasil penelusuran berikutnya, dua aturan berikut biasanya berlaku untuk menentukan lokasi iklan layak tampil. Adapun penempatan iklan berdasarkan peringkat yaitu.
a) Penempatan "teratas" (bagian atas).
b) Penempatan "Lain" (bagian samping atau bawah).
4) Penawaran dan Angka Mutu
Tawaran dan Angka Mutu dapat bekerja berbeda di berbagai jenis kampanye. Dengan iklan bertarget kata kunci di Google dan mitra penelusurannya, tawaran Anda akan menjadi tawaran biaya per klik maksimum Anda, jumlah maksimum yang bersedia Anda bayar untuk setiap klik di iklan Anda. Angka Mutu Anda didasarkan pada relevansi kata kunci, kualitas halaman yang dituju, rasio klik-tayang (RKT) iklan, yang disesuaikan untuk posisinya di halaman tersebut dan beberapa faktor lainnya.
Untuk iklan bertarget penempatan di Google Display Network yang menggunakan Penawaran biaya per seribu tayangan (BPS), Angka Mutu Anda didasarkan pada kualitas halaman yang dituju. Ada sejumlah variasi, tetapi umumnya tetap sama.
Setiap kali seseorang melakukan penelusuran yang memicu iklan Anda, Google menghitung Angka Mutu. Untuk menghitung Angka Mutu ini, Google memperhatikan berbagai hal yang terkait dengan akun Anda. Dengan meningkatkan faktor-faktor berikut, Anda dapat membantu meningkatkan Angka Mutu dengan cara.
a) Rasio klik-tayang (RKT) yang diharapkan dari kata kunci Anda.
b) RKT URL tayangan Anda sebelumnya.
c) Riwayat akun Anda.
d) Mutu halaman website Anda.
e) Kata kunci/relevansi iklan Anda.
f) Kata kunci/relevansi penelusuran.
g) Kinerja geografis.
h) Kinerja iklan Anda di suatu website.
i) Perangkat yang ditargetkan.
Angka Mutu digunakan dalam beberapa cara dan dapat mempengaruhi hal-hal berikut di akun Anda.
a) Kelayakan lelang iklan.
b) Biaya per klik (BPK) aktual kata kunci Anda.
c) Taksiran tawaran halaman pertama kata kunci Anda.
d) Taksiran tawaran halaman bagian atas kata kunci Anda.
e) Posisi iklan.
f) Kelayakan untuk ekstensi iklan dan format iklan lainnya.
c. Cara pembayaran AdWords Cara pembayaran AdWords memiliki banyak pilihan yang tersedia diantaranya.
1) Pembayaran otomatis yaitu membayar setelah iklan berjalan
Cara kerjanya Anda hanya ditagih setelah Anda dikenai biaya iklan. Dan Anda akan ditagih dalam satu dari dua skenario: 30 hari pembayaran terakhir Anda, atau setiap kali biaya Anda mencapai ambang
penagihan (jumlah yang ditetapkan yang memicu tagihan).
2) Pembayaran manual yaitu membayar sebelum iklan berjalan
Cara kerjanya, Anda melakukan pembayaran ke akun AdWords sebelum iklan berjalan. Lalu saat iklan
berjalan, biaya iklan dipotong dari pembayaran yang Anda lakukan. Google dapat memberi tahu Anda
melalui surat elektronik (jika Anda memintanya) bila saldo akun mulai menipis, Anda dapat melakukan
pembayaran berikutnya kapan pun Anda mau.
3) Faktur bulanan yaitu membayar menggunakan batas kredit seperti pembayaran kartu kredit.
Anda dapat mengajukan permohonan untuk menggunakan faktur bulanan bila bisnis Anda memenuhi
tertentu. Persyaratan tersebut mencakup, namun tidak terbatas pada:
1) Terdaftar sebagai bisnis selama minimum satu tahun.
2) Pembelanjaan minimum $5.000 per bulan (jumlah ini dapat bervariasi di setiap negara).
d. Cara biaya dihitung di AdWords
AdWords memberi Anda kontrol terhadap biaya iklan. Tidak ada jumlah minimum yang harus Anda belanjakan. Anda menetapkan anggaran harian rata-rata dan memilih bagaimana Anda akan menghabiskan uang Anda. Setiap kali seseorang menelusuri Google, AdWords menjalankan lelang untuk menentukan iklan yang tampil di halaman hasil penelusuran, serta peringkatnya di halaman. Untuk menempatkan iklan dalam lelang ini, Anda harus terlebih dulu memutuskan untuk jenis tindakan pelanggan apa Anda akan membayar. Misalnya, Anda mungkin memilih untuk membayar atas tindakan berikut.
1) Frekuensi iklan Anda ditayangkan.
Ini dikenal sebagai tawaran biaya per seribu tayangan atau BPS. Google menyarankan metode penawaran BPS jika Anda ingin meningkatkan kesadaran akan merek Anda. Perhatikan bahwa penawaran BPS tersedia hanya untuk kampanye display network.
2) Setiap kali salah satu iklan Anda menerima klik.Ini dikenal sebagai tawaran biaya per klik atau BPK. Google menyarankan metode penawaran BPK jika Anda ingin mendorong akses pengunjung ke website Anda.
3) Setiap kali orang-orang melakukan tindakan tertentu di website Andasetelah mengklik salah satu iklan Anda.Ini dikenal sebagai tawaran biaya per akuisisi atau BPA. Google menyarankan metode penawaran BPA bagi pengiklan AdWords musiman yang tertarik dengan konversi, seperti pembelian atau pendaftaran.
e. Alat pembayaranAnda dapat membayar dengan kartu kredit, debit, rekening bank, atau transfer uang ke Google. Masing-masing negara menawarkan bentuk pembayaran yang berbeda, jadi pastikan untuk memeriksa bentuk pembayaran yang tersedia di lokasi Anda.
f. Penagihan
Pada pembayaran otomatis, Google menagih biaya iklan Anda setelah 30 hari penagihan otomatis terakhir atau setiap kali akun Anda mencapai jumlah yang telah ditetapkan sebelumnya yang dikenal sebagai ambang penagihan.
g. Iklan dan persetujuanSemua iklan Google AdWords melewati proses persetujuan untuk memastikan iklan tersebut aman dan sesuai bagi pengguna. Google meninjau setiap iklan untuk melihat apakah iklan mematuhi kebijakan periklanan Google. Jika Google menemukan masalah, Google akan memberi tahu Anda lebih lanjut tentang kebijakannya dan apa yang dapat Anda lakukan agar iklan Anda berjalan lagi. Berikut adalah beberapa contoh kebijakan website Google.
1) Kurangnya konten unik pada website Anda
a) website yang didesain dengan tujuan utamanya semata-mata untuk menampilkan iklan(Arbitrase).
b) website yang menyalin konten dari website lain(duplikasi).
c) website yang tidak memberikan konten unik dan berharga bagi pengguna.
2) Masalah teknis pada website Andaa) Perangkat lunak perusak (website yang terinfeksi perangkat lunak perusak atau yang menjual perangkat lunak berbahaya).
b) Informasi pribadi (website yang mengumpulkan informasi pribadi yang sensitif dan tidak dihosting di server "https" yang aman).
3) Pengalaman pengguna yang menyesatkan
a) Halaman jembatan (halaman web yang menyertakan halaman "pintu" yang tujuan utamanya mengarahkan pengunjung ke website yang berbeda).
b) Keamanan pengguna (website dan bisnis yang tampak menipu atau menyesatkan, dan/atau melanggar persyaratan dan ketentuan Google).
c) Penjualan item yang digratiskan (website yang menjual item atau layanan yang biasanya diberikan secara gratis).
d) Afiliasi tersirat (website yang menyiratkan afiliasi, kemitraan, atau hubungan khusus dengan Google atau pihak ketiga yang tidak terkait tanpa otorisasi yang jelas).
e) Penagihan tidak jelas (website dengan proses checkout yang tidak memberikan model penagihan atau penetapan harga yang transparan).
f) Barang palsu (website yang mempromosikan produk tidak asli dalam upaya untuk menawarkan produknya sebagai produk asli).
Google akan memberikan salah satu dari beberapa status persetujuan untuk iklan Anda selama dan setelah peninjauan untuk mengetahui apakah iklan mematuhi kebijakan periklanan atau tidak. Beberapa status persetujuan yaitu.
1) Status yang dapat memungkinkan iklan Anda berjalan.
a) Disetujui. Iklan mematuhi kebijakan Google, sehingga diizinkan tampil untuk seluruh pemirsa.
b) Ditayangkan (iklan video). Iklan video disetujui muncul di YouTube.
2) Status yang dapat memungkinkan iklan Anda berjalan dengan batasan.
a) Layak. Iklan masih dalam peninjauan, namun sementara itu iklan dapat tampil di halaman Google penelusuran.
b) Disetujui (terbatas). Iklan dapat berjalan, namun tidak pada semua situasi karena pembatasan kebijakan seperti kebijakan seputar penggunaan merek dagang dan iklan perjudian.
c) Disetujui (tidak aman bagi keluarga). Iklan dapat berjalan, namun tidak pada semua situasi karena pembatasan pada konten yang Google anggap "tidak aman bagi keluarga".
d) Disetujui (dewasa). Iklan dapat berjalan, namun tidak pada semua situasi karena pembatasan pada konten khusus dewasa
3) Status yang dapat mencegah iklan Anda berjalan.
a) Dalam peninjauan. Iklan Anda masih ditinjau dan tidak dapat ditampilkan sampai disetujui.
b) Belum ditayangkan (iklan video). Iklan video belum disetujui untuk muncul di YouTube tetapi sedang dalam peninjauan.
c) Tidak disetujui. Iklan tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya karena melanggar kebijakan AdWords.
d) Website ditangguhkan, Iklan tidak dapat berjalan karena halaman web yang dipromosikan melanggar kebijakan AdWords.
e) Tidak ditayangkan (iklan video). Semua format (judul, deskripsi, video, dan lain-lain) dari iklan video tersebut tidak disetujui.
f) Dengan masalah (iklan video). Satu atau beberapa format iklan video ditandai sebagai "Tidak Disetujui" atau "Disetujui (terbatas)".
Untuk memperbaiki masalah-masalah kebijakan website Anda dapat melakukan dengan cara.
1) Cari tahu kebijakan yang dilanggar oleh website Anda. Umumnya Anda akan menerima email dari adwords-noreply@Google.com yang menyertakan tautan berisi informasi lebih lanjut tentang kebijakan spesifik dan cara memperbaiki masalah.
2) Buat perubahan pada website Anda.
3) Kirimkan kembali website Anda kepada Google.
5. Menggunakan Adwords
a) Membuat website dengan Google SitesGoogle Sites adalah aplikasi online gratis yang menjadikan pembuatan website semudah mengedit dokumen.
Berikut ini cara membuat website baru.
1) Kunjungi www.google.com/sites.
2) Masuk dengan Akun Google Anda. Jika Anda tidak memiliki akun, klik Daftar ke Sites dan ikuti langkah-langkah untuk membuat Akun Google.
3) Klik tombol Buat website baru untuk memulai.
4) Namai website Anda. Setelah Anda memasukkan nama, URL akan dibuat secara otomatis dalam kotak. (Perhatikan: Saat Anda membuat akun AdWords, Anda harus memasukkan URL ini di langkah #2.)
5) Masukkan deskripsi singkat tentang website Anda (langkah ini opsional).
6) Di samping Bagikan dengan, pilih tombol Semua orang di dunia dapat melihat website ini, sehingga siapa pun dapat melihat website Anda.
7) Pilih tema website (tata letak website). Untuk melihat tema yang lain, klik Tema lainnya...
8) Klik Buat website.
b) Memulai penggunaan AdWords
Berikut ini cara memulai program periklanan online Google dalam tiga langkah dasar.
1) Membuat akun
Apabila Anda sudah memiliki Akun Google misalnya Gmail, Anda dapat menggunakan alamat surat elektronik dan sandi akun tersebut untuk mengakses Adwords. Caranya.
(a) Kunjungi beranda AdWords di https://adwords.google.com.
(b) Masuklah dengan memasukkan sandi dan alamat email Akun Google
(c) Pilih negara dan zona waktu yang Anda inginkan untuk akun Anda. Karena Google menetapkan penagihan dan statistik berdasarkan zonawaktu yang Anda pilih, harap pilih dengan cermat. Anda hanya dapat mengubah zona waktu satu kali setelah penyiapan ini.
(d) Pilih mata uang yang ingin Anda gunakan untuk akun. Tagihan Anda akan menggunakan mata uang ini dan ini juga akan digunakan pada laporan kinerja Anda. Anda tidak dapat mengubah mata uang setelah penyiapan ini.
(e) Klik Lanjutkan.
(f) Cari surat elektronik verifikasi di alamat email yang baru saja Anda gunakan untuk mendaftar ke AdWords.
(g) Klik tautan verifikasi di email untuk mengaktifkan akun Anda.
Jika Anda belum menggunakan produk Google lainnya Anda hanya membutuhkan alamat email yang aktif untuk memulai. Caranya.
(a) Kunjungi website AdWords di https://adwords.google.com.
(b) Klik Mulai sekarang.
(c) Pada halaman Buat Akun Google, pilih tombol di samping Saya tidak menggunakan layanan lainnya tersebut.
(d) Masukkan alamat surat elektronik yang aktif beserta sandinya. Sebaiknya Anda memilih sandi yang rumit. Hal ini memberikan perlindungan yang lebih baik pada akun dari pembajak.
(e) Masukkan huruf terdistorsi pada kotak di bawah informasi sandi.
(f) Klik Buat Akun.
(g) Pilih negara dan zona waktu yang Anda inginkan untuk akun Anda. Karena Google menetapkan penagihan dan statistik berdasarkan zona waktu yang Anda pilih, harap pilih dengan cermat. Anda hanya dapat mengubah zona waktu satu kali setelah penyiapan ini.
(h) Pilih mata uang yang ingin Anda gunakan untuk akun. Tagihan Anda akan menggunakan mata uang ini dan ini juga akan digunakan pada laporan kinerja Anda. Anda tidak dapat mengubah mata uang setelah penyiapan ini.
(i) Klik Lanjutkan.
(j) Cari email verifikasi di alamat email yang baru saja Anda gunakan untuk mendaftar ke AdWords.
(k) Klik tautan verifikasi di email untuk mengaktifkan akun Anda.
2) Membuat iklan pertama
a) Memilih tempat iklan dapat tampil
b) Memutuskan anggaran
c) Menulis iklan singkat
d) Memilih kata kunci yang dapat membantu iklan tampil dalam penelusuran
Untuk membuat iklan teks, ikuti langkah-langkah ini:
a) Di bagian "Buat iklan", pilih Iklan teks.
b) Ketik judul, deskripsi, URL tayangan, dan URL tujuan. URL tayangan adalah alamat web, biasanya halaman depan website Anda, yang ditampilkan kepada pelanggan bersama iklan Anda, sementara URL tujuan mengarahkan pelanggan ke halaman tertentu di website Anda. Kedua URL tersebut harus berisi nama domain yang sama. Misalnya, iklan dengan www.google.com sebagai URL tayangan dan www.google.com/ads sebagai URL tujuan dapat diterima karena kedua URL itu memakai nama domain yang sama, “google.com”.
c) Masukkan kata kunci Anda di bagian "Kata kunci". Sebaiknya Anda mulai dengan 10-20 kata kunci. Anda dapat selalu mengedit atau menambahkan lebih banyak kata kunci nanti.
d) Klik Simpan. Jika ini adalah kampanye pertama Anda, klik Simpan dan lanjutkan ke penagihan. Iklan Anda tidak dapat dijalankan jika Anda belum mengirimkan informasi penagihan.
3) Mengaktifkan akun.
Jika akun sudah didaftarkan maka otomatis akun Anda telah dapat digunakan. Anda hanya perlu login saja dengan cara buka browser Anda lalu ketikan pada address bar www.google.com/adwords, kemudian masukan ID email dan kata sandi(password) Anda.
6. Aplikasi Pembuat Banner
Banner adalah sebuah gambar atau animasi yang ditampilkan pada sebuah web untuk tujuan periklanan. Banner statis dengan format GIF atau JPEG, tetapi banner juga dapat menggunakan media lannya seperti Flash, video, JavaScript, HTML5 dan teknologi interaktif lainnya.
Untuk membuat banner anda dapat menggunakan aplikasi-aplikasi pengolah gambar seperti.
a) Paint.
b) GIMP.
c) Adobe Photoshop.
d) Coreldraw.
e) Macromedia Flash(banner animasi).
f) Gif Animator. Anda dapat pula menggunakan aplikasi pembuat banner online seperti pada www.bannersnack.com.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar