PEMASARAN ONLINE MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL

  1. Pengertian Media Sosial
  • Media Sosial adalah sebuah media online, dimana para penggunanya dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual.
  • Media Sosial adalah sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0, dan yang memungkinkan penciptan dan pertukaran isi dalam media social yang dapat dilakukan oleh para penguna terdaftar (user-generated content ).
  • Media Sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya  bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi , dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual.   
     2. Pemanfaatan Viral Marketing

      Viral marketing , biasa dianggap sebagai iklan virus, atau mendengungkan (buzz) tentang pemasaran dan merupakan istilah-istilah yang mengacu pada teknik pemasaran yang menggunakan layanan jejaring sosial yang sudah ada dan teknologi lainnya untuk menghasilkan peningkatan kesadaran merek tertentu atau untuk mencapai tujuan pemasaran lainnya (seperti penjualan produk).
          Pemasaran viral adalah suatu bentuk strategi pemasaran modern yang menjanjikan ketenaran produk yang dipasarkan, dengan melihat tingginya animo masyarakat yang selalu terhubung koneksi internet untuk mengakses fitur-fitur gratis (yang sebenarnya telah diselipkan berbagai macam link yang menjadi terapan dari pemasaran viral). Ide kreatif sangat diperlukan dalam jenis pemasaran ini karena masyarakat pengguna internet cukup kritis dalam memilah inforrmasi mana yang murni sebagai informasi dan mana yang merupakan strategi bisnis.
          Untuk melakukan viral marketing dapat bekerja dengan baik dengan mempertimbangkan etika penyampaian atau penggalian informasi, maka perlu dilakukan penyampaian informasi yang sebenarnya kepada calon penerima pesan dan dilakukan dilingkungan yang tepat bagi mereka sebagai calon pelanggan. Sebagaimana disampaikan professors Andreas Kaplan dan Michael Haenlein, dengan menenal tiga bagian berikut ;
  1. )   Penyampaian Pesan :  Ada tiga tipe tertentu dari utusan yang diperlukan untuk memastikan transformasi pesan biasa yang dikenali sebagai sebuah virus: para ahli pasar, hubungan sosial, dan penjual.
  2. )  Pesan : Hanya pesan yang mudah diingat dan cukup menarik untuk dapat diteruskan kepada orang lain yang memiliki potensi untuk memacu fenomena viral marketing.
  3. )   Lingkungan : Lingkungan sangat penting dalam kebangkitan viral marketing yang sukses - perubahan kecil dalam memimpin lingkungan untuk dapat memperoleh hasil yang besar, dan orang-orang yang jauh lebih sensitif terhadap lingkungan.   
Berbagai media yang sering dilibatkan dan dimanfaatkan oleh Viral marketing, antara lain sebagai berikut;
  • Layanan partisipasi pelanggan dan polling 
  • kontribusi organisasi-industri khusus
  • mesin pemcari internet dan blog
  • integrasi smatphone Ponsel
  • Beberapa bentuk cetak dan pemasaran langsunng
  • layanan web target pemasaran 
  • Search engine optimization (SEO)
  • Sosial media optimasi (SMO)
  • Televisi dan radio
Target Pemasaran Viral didasarkan pada tiga prinsip penting, antara lain :
  1. Berkumpulnya Prifil dalam media sosial
  2. Kedekatan Analisis pasar
  3. Analisis Real-time ketepatan Kata kunci
 3. Macam-macam pemasaran melaui media sosial (facebook, linkedin, twitter, pinterst)
 
        Facebook adalah sebuah platform khusus yang populer digunakan untuk hiburan maupun bisnis. Facebook dapat dijadikan sebagai strategi efektif untuk meningkatkan visibilitas bisnis anda di web. Iklan di jaringan sosial telah menjadi lebih mudah dengan menggunakan facebook.
        Facebook sebagai alat yang luar biasa, dan layak dianggap sebagai platform terbaik untuk memasarkan bisnis anda. Untuk mulai dengan pemasaran melaui facebook, anda harus langsung terhubung dengan klien melalui facebook. Semakin anda terhubung dengan klien, makin kuat relasi anda.  Buatlah Halaman Bisnis Facebook yang berbicara tentang semua hal-hal besar yang dilakukan perusahaan Anda. Anda menginginkan mereka mengunjungi situs web Anda dan halaman Facebook anda.
      Proses untuk membuat Halaman Bisnis Facebook agak berbeda dari yang kebanyakan orang ikuti untuk membuat halaman Facebook masing-masing. Ada langkah-langkah yang diuraikan di Facebook. Di dalam Facebook Anda akan memiliki kesempatan untuk memutuskan apa jenis halaman Facebook yang ingin Anda buat. Halaman Facebook Anda sendiri yang menyajikan semua tentang Anda, dan berisi informasi tentang bisnis Anda. Halaman bisnis semata-mata fokus pada bisnis Anda, serta produk dan jasa yang Anda tawarkan.
 
Beberapa hal yang perlu anda perhatikan :
  1. Gunakan Tab Customized, ketika anda membuat halaman bisnis anda di Facebook, anda dapat melihat bahwa halaman bisnis dilengkapi dengan sejumlah tab yang dapat disesuaikan. Anda akan menemukan area posting (wall) antara tab di mana anda dapat menempatkan komentar dan posting. Ada juga tab Info dimana anda dapat menempatkan informasi umum tentang bisnis anda. Selain itu Facebook juga memiliki tab selamat datang yang dapat menyertakan link ke segala macam produk serta layanan dan isi dalam jumlah besar. Jadi, anda dapat menggunakan semua tab ini untuk bisnis anda.
  2. Tujuan dari Halaman Bisnis: Anda harus selalu memahami persis mengapa Anda membuat halaman bisnis dan tujuan utamanya. Anda harus memiliki pemahaman yang jelas tentang tujuan pemasaran bisnis Anda. Hal ini sangat berguna karena target pasar Anda akan memiliki reaksi yang sangat positif dalam penggunaan Facebook untuk bisnis Anda.
  3. Mengubah Urutan Tab Facebook: Anda harus mengatur urutan tab Facebook Anda untuk membuatnya logis dalam pandangan para calon pelanggan. Jika Anda memiliki lebih dari satu halaman bisnis, sangat penting untuk memiliki urutan tab Facebook yang berbeda untuk halaman yang berbeda.
  4. Konsistensi dalam Posting Konten: anda juga harus menjaga konsistensi dalam posting isi halaman bisnis anda. Jika anda membuat halaman dan menampilkan tentang hal yang sama maka halaman tersebut tidak akan menghasilkan apa-apa. Anda harus sering login dan memperhatikan tampilan dan fitur-fitur platform, dan penting untuk diperhatikan bahwa Anda perlu berkomitmen mengenai kehadiran anda di media sosial ini.
  5. Tetapkan Tujuan yang realistis. Jangan berharap untuk mendapatkan ribuan penggemar dalam bulan pertama Anda, tetapi berpikirlah realistis dengan puluhan atau ratusan dahulu, yang penting mulai dulu dari yang kecil untuk pencapaian yang besar di masa mendatang. Apabila kemudian anda mendapatkan hasil diluar ekpektasi anda, syukurilah, anda berarti sudah berada di jalur yang tepat.
  6. Luangkan sedikit Waktu anda: Cobalah untuk menyisihkan waktu anda, paling tidak satu jam sehari untuk update posting facebook tentang bisnis anda dan berkomunikasi langsung dengan pelanggan dan penggemar.
  7. Pelajari sebanyak yang Anda bisa: Ambil catatan berdasarkan pengalaman Anda dengan halaman Facebook dan layanan bisnis lainnya - setidaknya, tulislah pertanyaan tentang hal-hal yang Anda tidak mengerti sehingga Anda dapat membuat catatan untuk dapat anda lihat jika nanti diperlukan. Anda dapat mencari banyak informasi dengan search engine google, yahoo atau bing atau bisa juga bertanya pada yang sudah paham tentang facebook marketing.
  8. Mulailah dengan anggaran kecil: Anda dapat memulai melakukan iklan tes kecil untuk melihat seperti apa hasilnya dengan pengeluaran yang dibayarkan untuk iklannya, efektif atau tidak, dan kemudian anda dapat meningkatkannya ketika Anda mengetahui mana demografi dan kata-kata kunci yang ingin Anda targetka dan dapat menghasilkan return of investment (ROI) yang bagus.
  9. Buatlah Halaman Fanpage bukan Profil: Jangan membuat profil baru untuk bisnis anda, karena itu menyalahi aturan, jadi buatlah halaman fanpage untuk bisnis anda. Setelah anda buat fanpage, undanglah semua teman-teman anda agar menjadi fans pertama dari halaman facebook anda.
  10. Update Status Dengan Yang Keren-keren: Update-lah status facebook fanpage anda dengan status keren dan cerdas yang bisa mendorong teman Anda untuk terlibat aktif dengan halaman bisnis Anda. Hal ini akan membuat status facebook anda banyak yang memberikan respon (like). Sapa Fans Anda: Kirim ucapan terima kasih tepat setelah seseorang mengklik "Like" pada halaman Anda, dan usahakan menanggapi pesan dan postingan di dinding paling lama 24 Jam. Perhatikan baik-baik apa yang dilontarkan atau yang disarankan oleh fans halaman facbook bisnis anda, dari sana anda akan mebuat fanspage lebih aktif dan berkembang.
  11. Jangan kirim spam: Orang-orang telah cukup banyak menerima spam di email atau Inbox mereka, dan pastinya akan sangat terganggu jika anda ikut-ikutan mengirimkan pesan langsung ke inbox/email mereka. Jika ada sesuatu yang mau disampaikan, cukup tuliskan di status anda.
  12. Promo Kupon Diskon: Berikanlah kupon diskon untuk menarik peminatpembeli anda, agar mereka berminat untuk membelinya / berlangganan di tempat anda. Lakukan secara berkala agar pelanggan yang sudah ada tetap loyal dengan bisnis anda.
  13. Tawarkan membership: tawarkan membership atau keanggotaan dengan berbagai macam tawaran menarik jika menjadi anggota dan berlangganan di tempat anda, yang tidak bisa didapatkan kalau hanya membeli putus saja, hal ini akan mempercepat perkembangan bisnis anda menjadi lebih besar.
4. Pemasaran menggunakan media Video
 
    Pemasaran menggunakan video merupakan perluasan model pemasaran tetapi berfungsi sebagai media alternatif bagi perusahaan atau lembaga untuk menyampaikan pesan mereka kepada masyarakat yang lebih luas, dan mendapatkan lebih banyak tanggapan. Menjadikan media audio visual, yang merubah artikel menjadi video dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk membaca artikel tentang penyampaian pesan atau iklan. 
 
Beberapa perangkat lunak opensource/freeware yang dapat kita gunakan untuk mengolah video sebagai media pemasaran adalah sebagai berikut; 
  •  Avidemux (http://avidemux.sourceforge.net/download.html - win, linux) 
  •  Blender (http://www.blender.org/download// - linux, windows, mac) 
  •  Cinelerra (http://cinelerra.org/getting_cinelerra.php - linux ) 
  •  Kdenlive (http://kdenlive.org/ - linux, mac) 
  •  Kino (http://www.kinodv.org/article/static/1 - linux) 
  •  LiVES () 
  •  OpenShot (http://www.openshot.org/download - linux) 
  •  VirtualDub (http://www.virtualdub.org/download.html) 
  •  VirtualDubMod (http://www.videohelp.com/tools/VirtualdubMOD) 
  •  Debugmode Wax () 
  •  Lightworks (http://www.lwks.com) 
  •  Pinnacle Videospin (http://videospin.en.softonic.com) 
  •  Smartpixel () 
  •  VideoThang () 
  •  Windows Movie Maker (http://www.windows-movie-maker.org/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar